Ada kesalahan di dalam gadget ini

Kamis, 09 Agustus 2012

Mie Spaghetti (?)

Mie Spaghetti(?)

Sebelumnya udah pernah bikin spaghetti bolognese yang cara buatnya seperti di cerpen Just a Story. Sore ini, giliran adek saya, Nana yang niat membuat spaghetti.....eummm sebenarnya ini mie yang dimasak ala spaghetti bolognese tetapi gak pakai pasta jenis spaghetti, sebagai gantinya dipakialah mie telur. Mumpung di rumah bahannya yang ada ya itu....memang lebih enak sih pakai pasta karena kalau pasta
gak cepat mengembang seperti mie telur, tapi rasanya masih tetap enak kok. Lalu sebagai ganti daging sapi dipakai daging ayam bagian dada.

Bahan-bahan:

200 gr mie telur
3 buah bawang bombay (ukuran sedang)
3 siung bawang putih
dada ayam secukupnya
lada
garam gula
tomat pasta
saus sambal

Cara membuat:

1. Iris-iris dua buah bawang bombay, pisahkan. Cincang kasar satu buah bawang bombay, pisahkan.
2. Cincang kasar tiga siung bawang putih, pisahkan.
3. Potong dada ayam (kurang lebih 100 gr) dengan ukuran kurang lebih 1.5x1x1 cm, pisahkan.
4. Untuk mie telur, pisahkan dari bungkusnya lalu letakkan pada wadah tersendiri kemudian rendam dengan air panas kurang lebih 3 menit. Tiriskan. Jangan merendam terlalu lama atau......mie akan mengembang. Kemudian campurkan dengan sedikit minyak sayur dan diaduk-aduk sampai rata, fungsinya agar mie tidak lengket satu sama lain atau menggumpal.
5. Nyalakan kompor dengan api sedang, letakkan wajan dan tuangkan sedikit minyak goreng kemudian tunggu sampai panas. Masukkan bawang putih yang telah dicincang sebelumnya, tunggu sejenak sambil tetap ditumis baru masukkan bawang bombay cincang kasar.
6. Setelah tumisan bawang putih dan bawang bombay mengeluarkan aroma sedap, masukkan potongan dadu ayam. Aduk/tumis sebentar. Daging ayam dimasukkan terakhir agar tidak gosong, karena daging ayam cepat matang begitu ditumis.
7. Setelah ayam terlihat agak matang, masukkan saus sambal dan pasta (sebelumnya dicampur dengan air agar tidak terlalu kental). Masukkan lada, garam dan gula secukupnya. Aduk hingga rata.
8. Masukkan seluruh irisan bawang bombay ke dalam wajan dan setelah seluruh bumbu mulai mendidih dengan adanya gelembung-gelembung kecil, masukkan mie telur ke dalam campuran bumbu dan aduk rata.
9. Atur kekentalan bumbu, agar tidak cepat gosong bisa ditambahkan air. Terus aduk dan atur leseimbangan rasa. Boleh dicicipi tapi jangan ditelan atau melewati tenggorokan, atau puasa batal. :D
10. Setelah matang segera matikan kompor. Dan segera sajikan.


Dari atas ke bawah (bawang putih cincang kasar, potongan dada ayam dan bawang bombay cincang kasar)

Irisan bawang bombay

Dari atas ke bawah (tomat pasta, saus sambal)

Mie telur yang direndam air panas

Mie yang sudah dicampur dengan saus ala bolognese

Kira-kira itulah menu hari ini. Selamat mencoba. Resepnya sangat mudah dan tentunya bahannya juga mudah dicari. Selamat berbuka..... ^__^



(NB : lagi serius mau nge-post postingan ini, terjadi gempa lumayan besar, ini serius...hyuuuu~ 5.6 SR berpusat di Lombok Tengah dan syukurnya gak berpotensi tsunami. berdoa semoga gak ada korban jiwa. jantung rasanya dugdugdug. hanya bisa beristighfar...)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome blogger.... ^_^
Ber-komen-lah dengan bahasa yang baik & no SARA.