Ada kesalahan di dalam gadget ini

Minggu, 09 September 2012

Daebak!!

Seorang admin yang mengoperasikan akun twitter yang bertema semua tentang Korea, di akun twitter pribadinya suatu saat membicarakan tentang drama terbaru Reply 1997 ber-genre sitkom a.k.a. situasi komedi. Di awal-awal episode dia rajin ngetwit tentang drama ini. Karena lumayan sering dia membicarakannya, akhirnya saya yang tadinya biasa saja mulai penasaran. Seperti apa ceritanya. Ada apa di drama ini sampai-sampai dari sekian banyak drama kenapa hanya drama ini saja yang sering muncul dan dibicarakan di timelinenya.

Mulailah lihat di link-link tentang Reply 1997 yang ada, ternyata udah banyak banget...
sempet sebel juga karena begitu satu episode yang full versi berhasil diunduh, lhah kok malah ga ada artinya padahal udah jelas bertuliskan english sub. Yah sebagaimanapu saya udah pelajari bahasanya tetep aja ga ngerti. Beberapa kali coba tetep aja ga ada terjemahannya. Nah setelah hampir dua minggu, baru deh berhasil mendapatkan Reply 1997 yang sudah diterjemahkan dan dipecah-pecah menjadi beberapa bagian dalam tiap episodenya. Sampai empat episode sudah aman tersimpan, tapi entah kenapa rasanya malas buat nonton gara-gara sempat menonton awal episode yang tanpa terjemahan. Tak bagilah ke mbak Ulan buat ditonton.

Beberapa hari atau minggu kemudian tiba-tiba mbak Ulan tanya, "Ada lanjutannya ga (Reply 1997)?" lalu tak jawab, "Ga ada, nonton aja belum. Males, gara-gara waktu itu (episode tanpa terjemahan)." dijawablah lagi, "Nonton dah biar ada temen bahas, penasaran nih...". "Emang kenapa?". "Sudah berapa episode tapi tetep aja belum ketahuan siapa suaminya Shi Won....*syuuuuung *entah apa yang diomongin."

Dengan berat hati tapi penasaran, akhirnya nonton juga dan begitu nonton...waaaah
Reply 1997 daebakk!! (jackpot), ceritanya ternyata walau sederhana tapi begitu kuat. Benar-benar drama remaja dengan segala intrik remajanya. Tiap episodenya ada saja pesan-pesan alias kalimat bagus yang bisa diambil. Kalimat-kalimat dialog dalam dramanya benar-benar apa adanya, sesuai realita dan memberi semangat tersendiri. Haru, senang, sedih, kecewa, bahkan kocak karena di setiap bagian dialog yang terkesan "bodoh" dan canggung selalu disisipi backsound suara kambing *mbe e e e e e ekk...* Oke mungkin saya berlebihan tapi itulah yang saya rasakan. Walau sebagian besar pemerannya ga begitu terkenal tapi aktingnya alami.

Berkisah tentang seorang gadis bernama Shi Won (A-Pink Jeong Eun Ji) *pertama kali lihat, Eunji mirip IU malah Yus bilang mirip Bong Sun juga...lalu lama-lama kalau diperhatikan jadi mirip Ayu Ting-Ting -___-* yang seperti kebanyakan remaja seusianya saat itu yang nge-fans berat dengan sebuah grup bernama H.O.T. yang pada masanya adalah termasuk salah satu dari generasi pertama Kpop grup. Bisa dibilang Shi Won benar-benar yah penggemar berat H.O.T. dimana setiap hal berhubungan dengan H.O.T. Shi Won tidak mungkin melewatkannya. Walaupun di antara sahabat-sahabatnya, Shi Won termasuk yang paling fanatik dengan H.O.T. dan terkadang berlebihan, mereka tetap tak terpisahkan. Dengan empat orang sahabatnya Yoon Je (Seo In Guk), Joon Hee (Infinite Hoya), Yoo Jung (Shin So Yul) dan Hak Chan (Eun Ji Won), Shi Won melewati hal-hal berharga masa remaja menuju dewasa. Manis dan pahit mereka rasakan bersama bahkan rahasia antar mereka yang tidak dibagi rata (bahkan lewat beberapa tahun baru terbongkar secara tak sengaja dan mengejutkan) tidak membuat persahabatan mereka rusak, bahkan semakin kuat dan mereka selalu mendukung satu sama lain.




Dua episode lagi akan habis (16 episode), sekarang walau sudah tayang sampai episode ke-14 tapi masih ada teka-teki yang belum terpecahkan. Walau akhirnya teka-teki ini terpecahkan menurut saya teka-teki ini adalah nilai plus dari drama ini walau bukan merupakan inti cerita (menurut saya inti cerita drama ini adalah perjalanan ceritanya bukan akhir ceritanya). Selain itu, alur cerita yang dibuat maju-mundur serta diceritakan dengan apik dari beberapa sudut pandang pemain menjadikan drama ini pantas disebut sebuah tontonan "biasa" yang menarik dan ditunggu-tunggu.

Info selengkapnya baca di sini

Melihat drama ini, membuat saya berpikir dan berharap semoga Indonesia bisa membuat sinetron yang bermutu dan dengan jumlah episode yang "masuk akal" serta bisa bersaing menjadi tontonan Indonesia yang patut ditunggu (jadi pemirsa Indonesia tidak hanya tertarik dengan sinetron dari luar saja). Semoga.


Bonus:
ost Reply 1997- Love Story Part 1: All For You & Part 2: Our Love Like This


9 komentar:

  1. belum nonton, tapi insyaAllah akan..;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nontooon...btw,postingan sy kok ga original begini ya,kalo ga film,buku ya drama..tapi emang "sesuatu" sih film,buku n drama itu. . .yg penting tetep bisa buat latihan nulis..

      Hapus
  2. tunggu kasetnya keluar dah baru nonton,,,,,ada hoya infinite juga kan di drama itu,,,,,

    BalasHapus
  3. eh ... sekarang totally malas nonton... kurang suka ama ceweknya...:P
    tapi sy suka lagu duetnya... all for you...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tok!!tok!!tok!!tok!!tok!! getok getok pale Kiki.. ('o')/(>,<) yah. . .pasti blm prnh ditonton..pasti,,jngn lht yg main,isi ceritanya bnr2 daebak..wlpn lebay,sy mau mengakui ini drama sepanjang masa bkn skedar drama of the year,hihiiy \(^-^)/

      Hapus
  4. Numpang ngoment....

    AAHHHHHH..... DEABAK! NOMU NOMU NOMU JO-A!!!!

    gokil, seru, keren, haru, gregetan, semua ada.
    paling penasaran gak bs nebak siapa suaminya dari awal, jdnya mlh deg deg an. emg sengaja kali ya, bikin penonton penasaran, yg adik apa yg kakak??? ya gak ya gak...
    ceritanya terlihat biasa tapi berbeda dengan cerita drama korea biasa.
    pokoknya TeOPe BeGeTe dah. Reply 1997, Deabak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget!!!!!! >_< pokoknya ini drama sepanjang masa,,,penulisnya keren banget...

      atas kunjungannya, gomapseumnida~~~

      Hapus
  5. Ini ceritanya emang keren banget ! Gue aja udh nonton berkali-kali =)) ini dramanya lain dari yang lain pokoknya keren banget!yang belum nonton harus nonton!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaaaa....bener..yg belum nonton, nonton!! thanks udah mampir, Gia.. ^,^

      Hapus

Welcome blogger.... ^_^
Ber-komen-lah dengan bahasa yang baik & no SARA.