Ada kesalahan di dalam gadget ini

Minggu, 18 September 2011

Pancake Buatan Sendiri

Beberapa saat yg lalu, lupa kapan yahh sekitar beberapa minggu atau beberapa bulan yg lalu, ke rumah temen sebut saja Yustia alias Yus yg sebelahan dg rumah sebut saja Kiki *nama asli kok -___-*… Waktu itu hari Sabtu. Kiki bilang dia mau lanjut S2 ke Jogja…iiiii sedihnya, karena bakal lama nih gak ketemu tapi seneng sih karena dia jadi gak nganggur n ngerjain apa yg dia suka lagipula dia juga seneng-seneng aja tuh, hehehehe n katanya juga itu hari terakhir di Mataram (di rumah yg dari SMA sudah ditempati bertiga bareng kakak2nya) pula, sebelum balik ke Sengkol rumah Orangtuanya lalu ke Jogja nantinya. Jadi, sorenya saya pulang dulu minta ijin dulu ke Bapak-Ibu buat nginep dirumah Kiki.

Ngantongin ijin dari Bapak-Ibu, habis magrib berangkatlah ke rumah Kiki (cerita bermula dari sini…ehh!bukan cerita serem!). Sampe rumahnya bahan2 n alat2 u/ membuat pancake udah ada. Yaaaay! Emang sih sebelumnya sudah direncanakan u/ buat. Mumpung teflonnya Yus baru, juga….

Terjadilah dialog n adegan2 di rumah Kiki (berasa syuting pelem, huss..)

Yus        : (sambil ngelap2 baskom lainnya) “Ntar itu tinggal dikocok aja, saya mau buat juga nih untuk yang di rumah.”
Saya       : “Oh, iya iya.” (ambil bahan2 n alat2 lalu bawa ke ruang tamu)
Kiki       : (bantuin ambil mixer de el el)
Yus        : (menghilang)
Saya       : (pegang mixer n baskom) “Langsung kan, nih.. (sambil cemplungin bahan ke baskom n ngatur putaran mixer) terus kecepatan 3 kali yaa…”
Kiki       : “Iya.” (sambil nemenin trus pergi bentar)

Kurang lebih 15 menit
Saya       : (masih ngocok pake mixer) “Sampe kapan, nih? Udah cukup, belum?”
Kiki       : (kembali dri mana mungkin) “Ga tau, eeehh mana lagi, Yus? Sini gantian.”
Saya       : (menyerahkan jabatan(?) -___-, iya mana ya…kita gak begitu ngerti deh)

Dua menit kemudian
Yus        : (kembali dari rumahnya) “Udah?”
Kiki       : “Ga tau nih”
Yus        : “Ya kayaknya udah cukup, masukin tepungnya dah.” (pergi lagi)
Saya       : “Sini tak masukin.” (menuang tepung)
Kiki       : “Dikit-dikit, Ran.” (sambil mengurangi kecepatan putaran mixer)
Saya       : “Iya.” (fokus)
Kiki       : “Saya dah yang tuang.”
Saya       : (menerima jabatan(?) lagi, menaikkan putaran lagi)

Lima menit kemudian
Saya       : “Gak keenceran, nih?”(gak yakin)
Kiki       : “Gak tau.” (gak yakin juga)

Gak berapa lama Yus dateng, horeeee…
Yus        : “Kayaknya udah deh, yuk.”
Saya       : (matikan mixer lalu ke dapur)
Kiki       : (ngikut)

Di dapur
Kiki       : (nyalain kompor, lalu naikkan Teflon waktu api sudah rata , mengolesi sedikit minyak kemudian tes tuang adonan pertama pake sendok sayur) “Kok kayaknya agak encer.”
Saya       : (ambil tepung lalu menambahkan ke adonan)
Kiki       : (menghadapi teflon lalu diem)
Yus        : “Kecilin apinya.”
Kiki       : “Oh” (ngecilin api)
Kami      : “Eeeehh, lumayan panas.”
Yus/Kiki : “Eh, ada stroberi. Tambahin dah.”
Yus        : (gentian menghadapi teflon)
Kiki       : (ngambi stroberi n potong2)
Kami      : (ganti2an menghadapi teflon, pada pengen nyoba)

Kiki ma Yus bolak-balik ninggalin dapur.
Saya       : “Kok baru ngerti triknya supaya bentuknya jadi bagus, ya” (nuangin adonan pelan2 dari tengah, biarkan adonan nyebar sendiri)
Kiki       : “Iya nih, iigapapa”
Kami      : (sambil tetep nyobain pancake)
Saya       : “Enak, enak. Lembut tapi agak terlalu manis. Stroberinya kecut~”  >_<
Kiki       : “Enak kok, saya suka. Jadi gak terlalu manis lagi.”
Yus        : “Iya, enak.”
(Kak Yan *nama asli*, kakaknya Yus dateng n nyobain pancake juga) “Kok beda, empuk. Enak.”
Saya       : “Iya donk, Yus gitu. Mungkin karena lama dikocok juga tadi”.
Kiki       : “Iyaya.” (setuju)
Saya       : (yang terakhir mau buat kucing (mengira-ngira))
Kiki       : “Kok gini….”
Saya       : “Kucing nih. (bentuknya nyerempet2)”
Selesai….

Habis makan malam lagi, tadi di rumah udah soalnya…kami juga terlalu kenyang buat makan pancake, tadi udah icip2 banyak jadinya foto2 pancake deh… >_<
Upload di facebook, tag2, comment2…hehehe *kerjaan banget dah*
Ini sebagian foto2 pancakenya.



Emmm…nyam!!

 
Karena lumayan banyak, pake nampan dehh.


 
Ini dia kucing2an…

Tapiiii malam itu, kami makan juga tu pancake sambil nonton di notebook. Lalu tidur. ZZZzz…

Oia, ini resep pancake katanya Yus. Sederhana :
Bahan : ½ sdm ragi, 4 sdm air hangat, ½ sdt gula pasir dicampur kurang lebih 20 menit.
Kocok 3 butir telur, 100 gr gula pasir sampai mengembang. Kemudian tambahkan 175 gr tepung terigu dan tambahkan bahan sebelumnya disertai 100 ml susu cair dan 75 gr mentega cair (tapi waktu itu Yus ganti pake kurang lebih 15 sdm minyak goreng). Kocok sebentar untuk meratakan.

Tolong koreksi ya, kalo ada salah2.
Selamat menikmati……… ^__^

_Ranran_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome blogger.... ^_^
Ber-komen-lah dengan bahasa yang baik & no SARA.